LKS PRAKTIKUM REDOKS

Lembar Kerja Siswa

Praktikum

“Reaksi Redoks “

 

BAB I

PENDAHULUA

  1. Tujuan:

Pada kegiatan ini akan dipelajari reaksi redoks spontan dan tidak spontan

           2. Landasan Teori:

Reduksi adalah penerimaan elektron atau penurunan bilangan oksidasi, sedangkan oksidasi adalah pelepasan elektron atau peningkatan bilangan oksidasi. Reaksi redoks adalah gabungan dari reaksi reduksi dan reaksi oksidasi yang berlangsung bersamaan. Tidak ada peristiwa pelepasan elektron (reaksi oksidasi) tanpa disertai peristiwa penangkapan electron (reaksi reduksi). Reaksi redoks dapat berlangsung spontan maupun tidak spontan.

Kespontanan suatu reaksi redoks dapat ditentukan menggunakan deret volta. Urutan logam-logam dalam deret volt adalah :

K-Ba-Ca-Na-Mg-Al-Mn-Zn-Cr-Fe-Cd-Co-Ni-Sn-Pb-(H2)-Sb-Bi-Cu-Hg-Ag-Pt-Au

Logam-logam disebelah kiti H2 merupakan logam-logam aktif (reduktor kuat) sedangkan logam-logam disebelah kanan H2 kurang aktif (reduktor lemah). Semakin ke kiri sifat reduktor semakin lemah dan sifat oksidator semakin kuat. Logam-logam dalam deret volta dapat mereduksi unsur-unsur dikanannya tetapi tidak mampu mereduksi unsur-unsur disebelah kirinya. Jika suatu logam dapat mereduksi unsur-unsur disebelah kanannya, reaksi tersebut berlangsung spontan. Sebaliknya jika tidak dapat mereduksi unsur-unsur disebelah kanannya reaksi berlangsung tidak spontan.

Reaksi kimia yang berlangsung spontan, ditandai dengan ciri-ciri berupa dihasilkannya endapan , terjadi gelembung, perubahan warna, dan perubahan suhu.

BAB II

METODE PENGAMATAN

             3. Rancangan Praktikum:

Dalam praktikum ini, penulis merancang praktikum dengan metode kajian pustaka dan eksperimen. Kajian pustaka dilakukan agar penulis memperoleh teori-teori sebagai acuan untuk praktikum. Penulis melakukan kegiatan kajian pustaka dengan menjelajahi internet.

Untuk memperkuat teori–teori yang ada, penulis melakukan praktikum model eksperimen untuk membuktikan hipotesis penulis yang sesuai dengan teori-teori yang diperoleh penulis.

               4. Variabel Praktikum:

Variabel adalah sesuatu yang diukur dalam penulisan sebuah laporan praktikum. Adapun variabel yang diperhatikan dalam penulisan sebuah laporan praktikum ini yaitu reaksi spontan dan tidak spontan.

               5. Teknik Pengumpulan Data:

Sebagai acuan untuk membuat laporan praktikum, penulis mencari berbagai data yang berhubungan dengan judul dari berbagai buku dan internet. Kajian pustaka digunakan sebagai acuan untuk memperoleh data-data dan teori-teori yang sudah ada. Penulis mempelajari dan menuangkan sumber-sumber yang ada ke dalam pembuatan laporan praktikum.

                6. Langkah Kerja

Alat dan Bahan Ukuran/Satuan Jumlah
Tabung reaksi/rak

Pipet tetes

Larutan ZnSO4

Larutan CuSO4

Larutan HCl

Lempeng logam seng/Zn

Lempeng logam tembaga/Cu

Amplas

1 M

1 M

1 M

0,5 x 1 cm

0,5 x 1 cm

4/1

3

5 mL

5 mL

10 mL

2 potong

2 potong

Secukupnya

 

  1. Cara Kerja:
  2. Isi gelas dengan air kira-kira sat per tiga bagian, tambahkan 10 tetes larutan fenolftalein
  3. Jepit dengan tang besi dan angkat logam natrium dari botol penyimpanan. Dengan menggunakan kertas saring setiap minyak tanah dari permukaan logam itu. Amati penampilan logam tersebut, kemudian irislah logam tersebut dengan pisau yang kering, amati permukaan irisan
  4. Potong logam natrium sebesar kacang hijau. Dengan menggunakan tang besi, bungkus logam natrium dengan rapat lalu masukkan potongan logam itu kedalam gelas kimia berisi air dari fenol ftalein, segera tutup gelas kimia itu dengan cawan patri
  5. Catat semua pengamatan yang diperlukan

 

7. Tabel Pengamatan:

Tabung 1 Tabung 2 Tabung 3 Tabung 4
Larutan yang diisikan
Warna larutan
Logam yang ditambahkan
Perubahan setelah penambahn logam

8. Pembahasan

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *